• Jln. Pasir Kandang No. 4 Padang

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email fisipol@umsb.ac.id

UMSB Kembali Gelar Wisuda ke 64 di Gedung Sendiri

Foto bersama seluruh alumni dan Pimpinan UMSB suasai acara

[HUMAS-UMSB]- Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat sukses melaksanakan wisuda Angkatan ke-64 Periode I Tahun Akademik 2018/2019. Acara berlangsung di  Convention Hall UMSB Kampus Pusat Padang, Sabtu (22 Juni 2019).

Wisuda yang dihadiri oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Sutrisno, MA, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, WaliKota Payakumbuh Riza Pahlevi, ST., MT, Kepala LLDIKTI Wilayah X Yandri Anas, SH.MH, Kopertais Wilayah VI Erwin, M.Ag, Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Dr. Shofwan Karim Elhusein, MA, Ketua PW Aisyiyah Sumbar Dra. Hj. Meiliarni Rusli, Ketua PWPM Sumbar Muhayatul,SE, Pejabat Pemerintahan lainnya serta seluruh Civitas Akademika UMSB dan para orang tua wisudawan/ti.

Dalam sambutan Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA,  “UMSB diwujudkan dalam bukti nyata, pembenahan dilakukan disegala lini dan beragam kerjasama dibangun dengan instansi terkait. Saat ini kita sedang mengupayakan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran di kampus IV Payakumbuh, dan hal itu sudah direspon dan didukung baik secara moral maupun materil oleh Walikota Payakumbuh yang hari ini beliau akan memberikan Orasi Ilmiah kepada kita semua, Ujarnya”.

“Dosen UMSB saat sekarang memiliki Doktor sebanyak 26 orang yang sedang melanjutkan studi S3 sebanyak 20 orang, sementara untuk jabatan fungsional, Lektor Kepala 23 orang, Lektor 61 Orang dan dosen yang sudah lulu sertifikasi sebanyak 90 orang dan UMSB sudah memiliki Alumni sebanyak 12.441 yang tersebar di berbagai Daerah dengan beragam profesi. Sementara dari sisi akreditasi, UMSB saat sekarang sudah terakreditasi B dan 18 dari 28 program studi sudah terakreditas B, Sambungnya”.

Pembangunan asrama mahasiswa (Rusunawa) untuk untuk kampus I Padang atas bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan dana  Rp 12 Milyar. Rusunawa yang bertingkat 3 dengan 37 buah kamar ini sudah selesai 100% dan mampu menampung sebanyak 148 calon mahasiswa dan ini diprioritaskan untuk putri. Pembangunan fasilitas lokal perkuliahan 2 lantai di kampus I Padang pada tahun 2019 ini dan bekerjasama dengan AMCF.

Sementara dalam sambutan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, saya sangat menyokong kemajuan UMSB dan berharap UMSB nantinya bisa menjadi kampus favorit di Indonesia nantinya. UMSB harus turut berkontribusi  dalam perbaikan pendidikan di Sumbar, apalagi dunia saat ini menuntut wisuda untuk kreatif dan tidak mengharapkan penuh untu kerja sebagai ASN namun mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Lulusan UMSB harus mampu menguasai bahasa asing dan penggunaan teknologi informasi dalam mengikuti perkembangan dunia yang begitu cepat dan saya yakin sarjana UMSB mampu bersaing di era globalisasi, berkopetensi di bidang pemabungunan sesuai bakat dan minat

Selanjutnya menurut Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Sutrisno, MA menyampaikan, Muhammadiyah mendirikan lembaga pendidikan tingginya sebagai lembaga pendidikan kader, tujuannya diharapkan setelah menyelesaikan studi, para sarjana benar-benar menjadi kader tumpuhan harapan bangsa dan umatnya yaitu kader yang beriman, berakhlak, berilmu dan terampil serta bermanfaat ditengah-tengah masyarakat, Ungkapnya.